Pulau Rubiah Wisata Bagaikan Surga

Aceh kota serambi Mekkah, kalimat ini sudah kerap kita dengar. Kenapa Aceh dimaksud kota serambi Mekkah?.

Hal semacam ini karena sebab dulu saat beberapa orang bakal pergi menunaikan beribadah haji lewat laut, sebelumnya menuju ke Mekkah, jemaah haji itu bakal transit di propinsi Aceh.

Pulau Rubiah

Lokasi transit itu ada di satu pulau yang mempunyai pesona alam yang cantik yakni pulau Rubiah.

Pulau Rubiah termasuk juga didalam lokasi pulau Weh, serta adalah sisi dari kota Sabang. Pulau Rubiah mempunyai luas sekitaran 0, 357 km2 serta adalah pulau paling utara di Indonesia.

Pulau yang ada di samping barat kota Sabang, mempunyai jarak lebih kurang 23, 5 km dari kota itu atau sekitaran 350 m dari pantai Iboih. Pemberian nama Rubiah pada object wisata ini di ambil dari nama seseorang wanita yakni Cut Nyak Rubiah yang makamnya juga ada di pulau ini.

Selain itu, di tempat wisata Indonesia pulau Rubiah juga ada reruntuhan benteng sisa peninggalan jaman Belanda serta Jepang. Benteng ini digunakan sebagai benteng pertahanan untuk tentara Belanda serta Jepang, yakni pada saat perang dunia ke II.

Pesona taman laut di pulau Rubiah yang mengagumkan, bikin tempat ini dikatakan sebagai surganya kerajaan laut. Aktivitas diving serta snorkeling di perairan pulau Rubiah akan tidak mengecewakan tiap-tiap wisatawan yang lakukan berolahraga air itu.

Air lautnya yang tenang serta demikian jernih bikin kesibukan itu jadi begitu mengasyikkan. Keunggulan berikut yang bikin pulau Rubiah kerap dikunjungi oleh beberapa wisatawan. Bukan sekedar wisatawan lokal, terdapat banyak wisatawan dari luar negeri yang liburan ke object wisata bahari ini.

Untuk wisatawan yang menginginkan beraktivitas diving serta snorkeling, tak perlu bersusah payah membawa perlengkapan untuk aktivitas itu ke obyek wisata ini. Hal semacam ini karena di pulau Rubiah atau di pantai Iboih sudah ada sebagian tempat yang menyewakan peralatan untuk diving serta snorkeling.

Harga sewa peralatan untuk snorkeling sekitaran Rp 40. 000/hari, sedang untuk aktivitas diving, ada banyak pilihan paket dengan harga yang beragam.

Kunjungi Juga : Pantai Senggigi Lombok

pulau rubiahTidak semuanya wisatawan yang bertandang ke pulau Rubiah suka pada aktivitas diving serta snorkeling. Terdapat banyak dari mereka yang belum pernah beraktivitas itu. Peluang hal semacam ini karena sebab mereka tak dapat berenang.

Oleh karenanya, di obyek wisata ini atau di pantai Iboih sudah ada layanan untuk menyewa perahu. Perahu itu sedikit tidak sama dibanding dengan perahu-perahu tradisional nelayan. Ketidaksamaannya yaitu dibagian bawah perahu ada kotak kaca yang cukup bening (glass bottom boat).

Dengan memakai glass bottom boat, wisatawan dapat nikmati surga taman laut di perairan pulau Rubiah dari atas perahu. Berbarengan rekan atau keluarga, wisatawan bakal dibawa bertamasya sambil melihat bermacam ikan hias seperti ikan Kepe-Kepe, Botana Biru, Lion Fish serta Angel Fish. Diluar itu, wisatawan dapat juga nikmati bermacam terumbu karang yang cantik, bintang laut, dan sebagainya.

Jernihnya air laut di perairan pulau Rubiah bikin cahaya matahari bisa menembus sampai ke basic laut. Perihal ini pula yang mengakibatkan tiap-tiap wisatawan yang berekreasi dengan memakai perahu bisa lihat pesona taman laut ditempat ini s/d kedalaman 10-15 mtr.. Satu perahu bisa mengangkut sampai 10 orang. Harga sewa glass bottom boat yaitu sekitaran Rp 350. 000/jam.

Di pinggir pantai pulau Rubiah, wisatawan dapat rasakan lembutnya pasir pantai yang terlihat berkilauan lantaran terserang sinar matahari. Bersihnya lingkungan di pantai ini, bikin sebagian wisatawan menginginkan selekasnya rasakan kesegaran dari air lautnya yang berwarna biru kehijauan.

Berenang di tepi pantai sambil bercanda tawa atau sebatas berendam sambil nikmati pesona alam di obyek wisata ini, adalah satu diantara aktivitas yang umum dikerjakan oleh beberapa wisatawan.

Kunjungi Juga : Pantai Papuma Jember Jawa Timur

Pulau bersejarah yg tidak berpenghuni ini, juga jadikan untuk tempat transplantasi karang. Transplantasi karang yaitu satu aktivitas yang mempunyai tujuan untuk melestarikan/merehabilitasi terumbu karang lewat cara pencangkokan. Saat wisatawan beraktivitas snorkeling, jadi anda bisa lihat tempat itu.

Transportasi Ke Pulau Rubiah

Pulau Rubiah ada di samping barat kota Sabang, mempunyai jarak lebih kurang 23, 5 km dari kota itu. Untuk wisatawan yang menginginkan bertandang kesana, bila pergi dari kota Sabang, wisatawan bisa menyewa mobil atau memakai transportasi umum untuk menuju ke pantai Iboih.

Bila wisatawan menginginkan memakai transportasi umum, anda dapat memakai mini bus dari pelabuhan Balohan menuju ke pantai Iboih. Biaya bus itu sekitaran 50 ribu rupiah.

Dari pantai Iboih, wisatawan bisa menyewa perahu berbarengan dengan wisatawan yang lain untuk menyebrang ke pulau Rubiah yang berjarak sekitaran 350 mtr. dari pinggir pantai Iboih.

Tarif sewa perahu tidak sama bergantung dari type serta ukuran perahu. Harga termurah untuk menyewa perahu yaitu Rp 150. 000. Tetapi perahu itu memiliki ukuran kecil serta tak dilengkapi dengan kotak kaca dibagian bawah perahu. Hingga wisatawan tak dapat melihat keindahan pemandangan alam bawah laut dari atas perahu.

Perahu ini cuma bakal mengantarkan wisatawan ke tempat maksud. Mereka (sopir perahu) bakal kembali pada pantai Iboih. Sesudah tiba saat pulang sesuai sama perjanjian, perahu itu bakal menjemput wisatawan untuk kembali pada pantai Iboih.

Penginapan Di Pulau Rubiah

Sarana yang ada di pulau Rubiah masihlah begitu minim, tak selengkap seperti di pantai Iboih. Cuma ada satu warung kecil di pulau ini.

Pulau Rubiah dapat disebutkan sebagai pulau yg tidak berpenghuni. Walau demikian keindahan serta kecantikan dari pemandangan taman laut serta pulaunya sendiri, sudah bikin banyak wisatawan lokal serta mancanegara bertandang ke object wisata ini.

Bila menginginkan bermalam, jadi wisatawan dapat mencari penginapan tersebut di sekitaran pantai Iboih atau pantai Gapang. Sudah ada sebagian penginapan disana dengan harga yang relatif murah.

Souvenir Khas Pulau Rubiah

Untuk wisatawan yang menginginkan mencari cinderamata atau souvenir, pada object wisata ini ada banyak pedagang yang dengan aktif bakal tawarkan bermacam product itu pada anda.

Diluar itu, di pantai Iboih ada banyak toko yang jual bermacam souvenir khas pulau Weh. Souvenir itu diantaranya : T-Shirt bermotif unik, serta bermacam kerajinan tangan berbahan baku kerang, kayu, serta batok kelapa.

Kuliner Di Pulau Rubiah

Karena pulau Rubiah adalah pulau yang masihlah alami serta dengan sarana yang minim, jadi cuma ada satu warung kecil yang jual sebagian makanan serta minuman.

Oleh karenanya, biasanya wisatawan Pantai Rubiah Aceh bakal beli makanan serta minuman di restoran-restoran yang ada di sekitaran pantai Iboih. Satu diantara makanan yang lezat terkecuali ikan bakar yakni cumi-cumi bakar.

Saran

  • Supaya kulit tak terbakar lantaran panasnya cuaca pantai, jadi wisatawan dapat menggunakan cream tabir surya.
  • Buat persiapan baju renang untuk wisatawan yang menginginkan snorkeling atau berenang di pinggir pantai pulau Rubiah.
  • Menggunakan baju yang enjoy serta simpel pastinya semakin lebih baik lantaran masyarakat setempat sebagian besar memeluk agama Islam.
  • Janganlah lupa untuk membawa kamera.
  • Supaya wisatawan memperoleh harga yang lebih murah untuk menyewa mobil serta perahu, wisatawan dapat menyewa kendaraan itu berbarengan dengan wisatawan yang lain.
  • Bila wisatawan menyewa mobil dari kota Sabang, yakinkan bahan bakar mobil itu kian lebih cukup, lantaran di kota Sabang tak ada banyak SPBU. Dalam kondisi darurat, wisatawan dapat isi bahan bakar di tepi jalan.
  • Sepanjang wisatawan berwisata ke pulau Weh, janganlah melupakan peluang untuk bertandang ke Tugu 0 Km. atau Monumen Km. 0. Tugu ini adalah lambang dari batas lokasi Indonesia.

Tinggalkan komentar